10 Apr 2007

Mengenal Wordpress

WordPress adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung sistem basis data MySQL. WordPress dibuat oleh pengembangnya sebagai perangkat lunak weblogging atau blogging. Sebuah blog sebagaimana didefinisikan oleh Codex Glossary adalah sebuah jurnal online, diary atau serial yang dipublikasikan oleh seseorang atau sekelompok orang. Kebanyakan blog adalah milik pribadi, berisi opini dan kegemaran sang pemiliknya. Tapi, blog sekarang adalah peralatan penting dalam dunia bisnis, politik dan hiburan.

Kata Word pada Wordpress mengacu pada kata (word) yang digunakan dalam membangun artikel. Artikel adalah elemen terpenting (atau isi) dari sebuah blog. Artikel adalah tulisan, komposisi, diskusi, percakapan, perenungan dan ya, pengumuman dari pemilik blog dan kontributornya. Artikel dalam beberapa kasus adalah alasan eksisnya blog, tanpa artikel berarti tak ada blog!

Kata Wordpress, pertama kali dilemparkan oleh Christine Selleck (lihat artikelnya) merespon keinginan seorang pengembang Matthew Mullenweg terkait dengan proyek software barunya tentang penulisan press. Dalam hal ini press mengacu pada kata wartawan, jurnalis, kolomnis dan fotografer. Jadi kalo kita gabungkan Wordpress berarti “perkataan pers” atau kata-kata yang dibuat oleh pers, baik itu pers pribadi ataupun pers media.

Suatu nama yang benar-benar terpilih, sebab Wordpress bertindak sebagai mesin cetak yang memungkinkan para pemakai nya untuk menerbitkan kata-kata mereka sendiri.
Nama yang bagus bukan?

[http://id.wikipedia.org/wiki/WordPress]

Tidak ada komentar:

Selamat Datang

Wadah bertemunya para blogger Indonesia, mari berdiskusi baik masalah teknik, pengunjung, kerja sama, tukar link, menghasilkan uang, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan blog.